Pengertian Manajemen Pemasaran, Unsur dan Fungsinya
Pengertian manajamen pemasaran adalah
proses menganalisa, merencanakan, melaksanakan serta pengawasan terhadap
program yang mana ujuannya untuk menimbulkan pertukaran dangan pasar yang akan
dituju dengan maksaud untuk mencapai tujuan perusahaan.
Dalam
kesempatan kali ini akan menjelaskan secar singkta mangenai manajemen pemasaran.
Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak penjelasan berikut ini.
Menurut
Dharmmesta & Handoko, 1982 mendefinisikan manajamen pemasaran adalah
kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan
usahanya. Dalam proses manajemn pemasaran dimulai sejak sebelum memproduksi
serta tidak berakhir saat penjualan.
Pendapat
dari Kotler, 1980, manajemen pemasaran
merupakan menganalisa, merencanakan, melaksanakan serta pengawasan terhadap
program yang mana tujuannya untuk menimbulkan pertukaran dangan pasar yang akan
dituju dengan maksaud untuk mencapai tujuan perusahaan.
Bila
ada perusahaan yang menyadari bahwa pemasaran merupakan faktor yang amat
penting bagi kesuksesannya, akan menemukan caar serta falsafah yang baru untuk
terlibat disalamnya.
waktu
sama dengan uang (image : google)
Dalam
hal ini pemasaran dapat memberikan dampak kepuasan konsumen terhadap
keinginnya.
Manurut
Stanton (1978) Konsep pemasaran merupakan sebuah flasafah bisnis yang menyatakan
bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi serta sosial
ubtuk kelangsungan hidup dari perusahaan.
Dalam
konsep pemasaran in mempunyai tiga unsur besar yang terkandung didalamnya,
yaitu :
1.
Orientasi pada pelanggan
2.
Penyusunan dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan
secara integral
3.
Kepuasan terhadap pelanggan
Sedangkan
untuk fungsi pemasaran sendiri adalah aktivitas yang dilakukan pada
setipa bisnis yang terlibat
kedalam menggerakkan produk dari produsen sampai pada konsumen. (William
J.Shultz)
Seperti
yang diutarakan oleh Sofjan Assauri (1987:19) fungsi pemasaran diklasifikasikan
menjadi tiga yaitu:
1.
Fungsi penjualan serta pembelian
2.
Fungsi suply fisik, yaitu menyangkut distribusi serta
penyimpanan
3.
Fungsi penunjang, yaitu pengamanan, standarisasi serta
grading, penanggungan terhadap resiko yang ada, informasi pasar, serta
keuangan.
Dalam
artikel ini akan lebih menyoroti fungsi pemasaran seperti berikut ini:
1.
Fungsi pembelian,
dalam fungsi pembelian ini merupakan fungsi agar dapat mengikuti kegiatan untuk
mencari dan juga mengumpulkan produk yang dibutuhkan sebagai persedian untuk
pemenuhan kebutuhan konsumen.
Pada
dasarnya merupakan sebuah akativitas muntuk mencari penjual serta merupaakn
sebuah titik bali dari aktivitas penjualan.
2.
Fungsi penjualan,
dalam hal ini fungsu penjualan didefinisikan sebagai aktivitas yang dijalankan
agar dapat mencari colon konsumen produk yang telah ditawarkan oleh perusahaan
dengn tujuan mendapatkan laba.
3.
Fungsi tranportasi,
merupakan kegiatan untuk pemindhan produk dari wilayah satu ke wilayah yang
lainnya.
4.
Fungsi penyimpanan, yaitu
fungsi / kegiatan untuk penyimpana produk yang telah dibeli hal ini dilakukan
sebagi persediaan agar dpat menghindari adanya kerusakan ataupun resiko lainnya.
5.
Fungsi informasi pasar, fungsi
ini sifatnya sangat luas serta fungsi yang palin penting. Hal ini disebebkan
fungsi ini emeberikan informasi tentang situasi serta kondisi perdanagan ang
masih sangat umum yang mana masih ada hubungn dengan produk tertentu, serta
harga jual yang diinginkan
konsumen dan juga semua kondisi pasar.
Artikel
Lain :
Sedangkan
meurut Sofjan Assauri (1987:303) informasi merupakan keterangan yang sifatnya
fakta, data maupun hasil dari analisis, pertimbanagn maupun sebuah pandangan
dari pemberi informasi.
Hal
tersebut berkaitan dengan kondisi secara langsung terhadap kebutuhan untuk
pengabilan suatu keputusan ataupun kebijakan dari manajemen.
Semua
yang telah dituliskan diatas harus dapat dikuasai oleh kita serta dapat
diterapkan oleh pihak manajemen pemasaran itu sendiri, walaupun teorinya sudah
benar tapi masih ada kendala yang tidak terduga sebelumnya.
Dengan memahami secara lengkap fungsi manajemen
nantinya dapat menjadi bahan dasar buat kita menentukan strategi pemasaran yang
akan diterapkan serta untuk mengoptimumkan semua peluang yang ada.
Daftar Pustaka
http://rocketmanajemen.com/manajemen-pemasaran-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar