Rabu, 06 Desember 2017

Pengertian Dan Macam-Macam Jurnal

Pengertian jurnal
Jurnal umum (general journal) atau disingkat dengan kata journal yaitu catatan pertama atau pendahuluan atas transaksi-transaksi yang terjadi.
Pencatatan pendahuluan (jurnal) juga dikenal dengan nama buku pencatatan asli (book of original entry) sebuah pencatatan langsung atas transaksi-transaksi ke dalam buku besar memungkinkan adanya kekeliruan pencatatan pada saat memasukan ke bagian debit maupun creditnya.
Untuk menghindari kekeliruan seminimal mungkin, dilakukan pencatatan pendahuluan memakai jurnal.
Pengertian Jurnal Khusus
Jurnal Khusus adalah jurnal yang dikelompokan sesuai sama bentuk transaksinya. tiap terjadi transaksi, petugas pembukuan mengidentifikasi bentuk transaksi yang terjadi, serta mencatatnya ke dalam jurnal khusus.
Contohnya apabila dalam sebulan perusahaan melakukan pembelian kredit sejumlah 50 kali, petugas cuma bakal berurusan dengan empat atau lima account, bergantung pada suatu kebijakan perusahaan dalam mengklasifikasi transaksinya.
Untuk seluruh pembelian yang dikerjakan secara kredit, perusahaan menyediakan satu jurnal khusus yang disebut juga dengan jurnal pembelian. Tiap transaksi kredit yang terjadi, petugas mencatatnya. lantas, secara berkala, contohnya tiap bulan, seluruh transaksi dijumlahkan serta dipindah bukukan ke buku besar.
Manfaat Jurnal Khusus
  • Memungkinkan pembagian pekerjaan
Jurnal umum yang mencatat seluruh transaksi pada satu jurnal susah membagi pekerjaan secara baik. Lain halnya dengan jurnal khusus. pembagian pekerjaan ini dapat dikerjakan dengan baik lantaran ada beberapa jurnal sesuai sama bentuk transaksinya.
Jadi, untuk perusahaan yang besar amat mungkin saja satu orang mengatasi satu atau dua jurnal. Mungkin saja cuma satu orang pegawai yang di beri pekerjaan mencatat jurnal pembelian serta jurnal pengeluaran kas. ini bakal mendorong adanya spesialisasi dalam penanganan sebuah pekerjaan hingga hasilnya makin baik.
  • Mempermudah posting ke akun buku besar
Satu diantara tujuan penyelenggaraan jurnal khusus yakni agar lebih gampang atau lebih praktis melakukan posting ke buku besar.
  • Memungkinkan pengendalian internal yang tambah baik
Pengendalian internal akan semakin lebih baik bila cuma satu orang petugas yang Menangani satu atau dua jurnal khusus. Bandingkan saja dengan satu orang yang menangani seluruh jurnal.

Beberapa Tipe Jurnal Khusus
Tiap perusahaan dapat menyediakan atau membuat jurnal khusus sesuai sama kebutuhannya, oleh karena itu Jurnal Khusus satu perusahaan dengan perusahaan lain tidak akan sama, terkecuali untuk perusahaan-perusahaan sejenis, ada peluang Jurnal Khusus di desain sama bentuknya.
  1. Jurnal Pembelian, yakni buku harian khusus untuk mencatat satu transaksi-transaksi pembelian barang dagangan serta barang yang lain yang dikerjakan secara kredit. Jurnal ini dapat disebut juga dengan buku pembelian. Manfaatnya: Berfungsi untuk mencatat satu transaksi pembelian barang yang dikerjakan dengan pembayaran credit.
  2. Jurnal Penjualan, yakni buku harian khusus untuk mencatat satu transaksi penjualan barang secara credit. Manfaatnya: Berfungsi untuk mencatat transaksi penjualan barang dagangan atau jasa yang dikerjakan dengan pembayaran credit.
  3. Jurnal penerimaan kas, yakni buku harian khusus untuk mencatat seluruh transaksi penerimaan tunai, baik berbentuk cek maupun kas. Buku ini kerap disebut juga dengan buku kas masuk. Manfaatnya: Berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi penerimaan kas seperti penerimaan piutang, penerimaan duit dari penjualan tunai, dan lain sebagainya.
  4. Jurnal pengeluaran kas yakni buku harian khusus untuk mencatat seluruh transaksi pembayaran tunai, baik memakai cek maupun kas. Jurnal ini kerap disebut juga buku kas keluar. Manfaatnya: Berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi pengeluaran kas, contohnya pembayaran hutang, serta pembayaran beban2, dan sebagainya.
Pengertian Jurnal Umum dalam Pengetahuan Akuntansi
Jurnal umum yaitu satu jurnal yang dipakai untuk tempat melakukan pencatatan semua bentuk bukti transaksi keuangan yang muncul akibat terjadinya beragam transaksi keuangan perusahaan dalam sebuah periode akuntansi spesifik.
Jurnal umum jadi buku harian dalam satu perusahaan yang diisi catatan semua transaksi yang terjadi sepanjang periode berjalan.
Biasanya jurnal umum familiar dipakai dalam akuntansi perusahaan jasa lantaran pada prinsipnya semua transaksi dalam perusahaan jasa bisa dicatat secara urutan ke dalam jurnal umum saja, sedangkan pada akuntansi perusahaan dagang lebih efisien memakai jurnal khusus.
Dalam mencatat bukti transaksi yang muncul dari transaksi keuangan yang dijalankannya, walaupun demikian pemakaian jurnal umum juga dibutuhkan untuk mencatat bukti transaksi dari transaksi yang tidak dapat dicatat dalam jurnal khusus.
Perusahaan jasa melakukan pencatatan bukti transaksi keuangan yang muncul dari transaksi keuangan yang dilakukannya ke dalam buku jurnal umum dengan maksud untuk melakukan pengidentifikasian, melakukan penilaian.
Serta melakukan pencatatan dampak ekonomi yang diakibatkan dari beragam bentuk transaksi keuangan yang terjadi pada keuangan perusahaan secara urutan untuk mempermudah proses posting atau perpindahan ke dalam sebuah akun spesifik. Supaya lebih dekat dalam mengetahui jurnal umum lihatlah format jurnal umum berikut ini:
https://i2.wp.com/www.cerita.my.id/wp-content/uploads/2017/03/nih.jpg?resize=640%2C222
Dalam format jurnal umum diatas tampak ada 6 kolom, yakni kolom tangga, kolom nomer bukti, kolom rekening atau info, kolom referensi (ref), kolom debit serta kolom kredit.
Kolom tanggal diisi dengan waktu terjadinya transaksi keuangan, dalam menulis tanggal mesti secara urut sesuai sama terjadinya transaksi. Kolom No bukti, diisi dengan memasukan no bukti dari bukti transaksi keuangan yang didapat atas transaksi yang dilakukan perusahaan.
Kolom rekening atau info atau dapat pula di catat kolom nama akun, bisa diisi dengan nama dari akun atau rekening yang berkaitan dengan transaksi yang terjadi.
Kolom Referensi dalam jurnal umum, diisi dengan menuliskan nomer akun atau kode akun yang sesuai sama nama akun pada kolom info atau kolom nama akun, kolom ref ini cuma bisa di isi bila sudah dikerjakan proses posting ke buku besar, jadi bila belum di posting ke buku besar biarkan saja kosong.
Kolom Debit diisi dengan jumlah saldo dari akun yang di debit sedangkan kolom credit diisi dengan jumlah saldo dari akun yang di credit
Fungsi Jurnal Umum dalam Akuntansi
Jurnal umum dalam siklus akuntansi mempunyai 5 buah manfaat penting untuk satu perusahaan jasa, mengenai ke lima manfaat itu yaitu sebagai berikut:
  • Manfaat Pertama yakni Manfaat Analisis
Funsi analisis tujuannya yaitu kalau jurnal umum mempunyai manfaat untuk melakukan pemilihan pada satu akun serta saldonya yang perlu di debit atau mesti dikredit
  • Manfaat Kedua yakni Manfaat Pencatatan
Manfaat Pencatatan tujuannya yaitu kalau jurnal umum bermanfaat untuk melakukan pencatatan semua dampak yang diakibatkan oleh transaksi keuangan yang dikerjakan perusahaan sesuai sama bukti transaksi keuangan yang ada.
  • Manfaat ketiga yakni Manfaat Historis
Manfaat Historis tujuannya kalau jurnal umum dalam melakukan pencatatan dikerjakan secara sistematis atau kronologis bersumber pada urutan terjadinya transaksi
  • Manfaat ke-empat yakni Manfaat Instruktif
Manfaat instruktif tujuannya kalau jurnal umum berfungsi memberikan perintah atau panduan dalam proses pemostingan ke buku besar.
  • Manfaat ke lima yakni Manfaat Informatif
Manfaat Informatif tujuannya kalau jurnal umum bertindak dalam memberikan informasi untuk melakukan pencatatan bukti transaksi keuangan yang ada.


Prinsip Mendasar Pembuatan Jurnal Umum
Dalam bikin jurnal umum mesti berdasar pada 5 langkah, mengenai ke lima langkah itu yaitu sebagai berikut ini:
  1. Menjalankan pengidentifikasian Bukti Transaksi keuangan yang muncul dari transasksi keuangan yang dikerjakan perusahaan, adapun contoh dari bukti transaksi keuangan salah satunya, Faktur, Memo, Kuitansi, dan lain sebagainya.
  2. Memastikan account apa sajakah yang dipengaruhi dengan transaksi yang terjadi serta menggolongkannya dalam jenisnya apakah jenis Harta, atau Hutang, atau mungkin Modal dan lain sebagainya.
  3. Menentukan Penambahan atau pengurangan pada account yang berkaitan dengan transaksi, akibat dari transaksi yang dikerjakannya.
  4. Menentukan untuk mendebit atau mungkin mesti mengkredit account yang berkaitan dengan transaksi yang terjadi.
  5. Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum sesuai sama bukti transaksi yang ditimbulkannya.
Pengertian Jurnal Umum secara singkat yaitu jurnal yang berperan untuk mencatat semua pengarus yang diakibatkan oleh transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan bersumber pada bukti transaksi keuangan yang ada.
Perusahaan mesti bikin jurnal umum dalam proses akuntansinya lantaran jurnal umum mempunyai 5 manfaat pokok yakni manfaat analisis, pencatatan, historis, instruktif, serta informatif. Dalam bikin jurnal umum mesti berdasar pada 5 prinsip atau pedoman mendasar supaya jurnal umum akurat serta teruji kebenarannya.
Beberapa Jenis Jurnal dalam Akuntansi
Dalam perusahaan kita butuh mencatat tiap transaksi transaksi yang terkait dengan keuangan. Akuntansi keuangan mencatatnya dalam satu jurnal supaya tiap pengeluran terdaftar secara rapi.
Beberapa macam jurnal
  • Jurnal umum
Jurnal umum yaitu jurnal yang dipakai untuk mencatat tiap transaksi dalam perusahaan secara terperinci
  • Jurnal khusus
Jurnal khusus yaitu jurnal yang dipakai untuk mencatat transaksi-transaksi khusus dalam perusahaan yang terkait dengan penjualan serta pembelian.
  1. Jurnal Penjualan (Sales Journal) : Jurnal Penjualan yaitu jurnal yang dipakai jika kita melakukan penjualan barang secara credit pada Customer
  2. Jurnal Pembelian (purchases Journal)  : Jurnal Pembelian yaitu jurnal yang dipakai jika kita melakukan pembelian barang secara credit pada supplier.
  3. Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal) : Jurnal Pengeluaran kas yaitu jurnal yang dipakai untuk mencatat tiap pengeluaran kas dalam sebuah perusahaan
  4. Jurnal Penerimaan Kas (Cash Receipt Journal)  : Jurnal Penerimaan kas yaitu jurnal yang dipakai untuk mencatat tiap penerimaan kas dalam sebuah perusahaan
  5. Jurnal Umum (Memorial Journal) : Memorial Journal yaitu jurnal yang dipakai untuk mencatat transaksi di luar empat jurnal di atas.
  6. Jurnal Pembalik (Reversing Entries) : Jurnal balik yaitu jurnal yang di buat pada awal periode sebagai kebalikan dari beberapa jurnal penyesuaian pada akhir periode sebelumnya. Jurnal ini berbentuk opsional tetapi bila dilakukan memberikan manfaat.
  7. Jurnal Penutup (Closing Entries) : Jurnal Penutup yaitu ayat jurnal yang di buat pada akhir periode akuntansi untuk menutup rekening-rekening nominal/sementara. Akibat penutupan ini rekening–rekening ini pada awal periode akuntansi saldonya nol.  Ada 4 (empat) jurnal penutup yang perlu di buat yakni:





















Daftar Pustaka

https://www.ngelmu.co/pengertian-jurnal-macam-macam-jurna/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar